MONBUKAGAKUSHO ; Second Step (Interview)

by - Januari 01, 2014

http://electricshare.blogspot.com/2013/12/monbukagakusho-second-step-interview.html

Siang semua !!! Yak, ini adalah lanjutan seri cerita hebat nan dahsyat yang diambil secara langsung dari kisah hidup admin :D. MONBUKAGAKUSHO ; Second Step (Interview) , yak setelah sukses menulis cerita yang lalu " MONBUKAGAKUSHO ; The Beginning ", Sekarang admin berencana untuk melanjutkan cerita yang heboh cetar membahana ini -_-"

Lanjut cerita . . .
Waktu itu gua masih dalam step step USM STAN yang banyak itu. Beberapa minggu setelah ujian tulis USM STAN itu, gua dikejutkan dengan e-mail yang masih hangat, pada suatu malam. Pengirimnya bertuliskan "beasiswa", tiba-tiba keluar lah keringat dingin yang dilanjutkan dengan pikiran "dapet gak ya ? dapet gak ya ? Dapet nih insyaAllah" :D . Di e-mail itu ke attach 3 file pdf (S1, D3, dan D2) yang bertuliskan nama-nama peserta yang berhak mengikuti test wawancara. Langsung lah gua download pdf untuk D3, setelah scroll-scroll pdf itu (sesuai abjad soalnya, mau search takut langsung kecewa juga kalau gak ada nama gua disana T_T ) dan hasilnya . . . . Tertera nama gua disana !! Alhamdulillah, benar-benar gak disangka. Sebuah keajaiban yang tidak terduga.

Dari situ gua langsung chat kakak kelas gua, sebut aja Code Name : HA. HA ini senior gua, lebih tepatnya temennya kakak gua yang punya story line hidup keras dan kocak sih menurut gua (HAHAHA :D ). Dia bilang kalau temennya pernah ikut juga monbukagakusho dan gua dikasih tau beberapa fakta yang gak bisa gua bilang disini. 
Keesokan paginya, tentu gua kabarin ke bokap nyokap tentang beasiswa ini. Reaksi mereka ? Nyokap nangis, menurut gua sih bukan karena bahagia. Karena dia bilang "nanti jauh dari mama, mama gak bisa tengokin" Oh, bagus. Jadi ini sebenarnya gua mau kuliah atau mau ditengokin tiap saat ? -_-

Skip ! Lanjut lagi . . .
Disini ada dilema, waktu wawancara monbukagakusho ini bentrok dengan jadwal wawancara gua di STAN. Oiya, jadwal wawancara monbukagakusho ini langsung diberi tahu di file pdf. Di mindset gua sih, udah mikir untuk ngelepas wawancara STAN ini, tapi orang tua pun bilang jangan di lepas, ikut aja dulu test kesehatannya. Test kesehatan STAN dilaksanakan pada hari sebelum wawancaranya, jadi gua ikut test kesehatan tanpa ada niatan ikut test wawancara karena lebih memprioritaskan monbukagakusho.

Balik lagi dikit, banyak yang perlu disiapkan dalam step ini (bukan STAN, fokus fokus ! Disini gua cerita tentang monbusho woy ! hahaha :D ), kira-kira ini list yang harus disiapkan :
  1. Surat keterangan dari SMA bahwa kalian siswa dari SMA tersebut. 
  2. Surat rekomendasi Kepala Sekolah.
  3. Ijazah SMA dan transkrip Nilai Ijazah. 
  4. Transkrip Nilai Raport selama semester 1-6. 
  5. Certificate of Health 
  6. Application Form 
  7. Fotokopi KTP
  8. Pas Photo
Banyak juga kan ? Yak ! Banyak. Semua ini harus siap dengan bahasa inggris. Untungnya sudah disediakan form yang bisa kita download dan tinggal isi aja, meski ada beberapa surat yang harus kita bikin sendiri. Disini adalah salah satu perjuangan besar gua, harus bolak-balik sekolah untuk minta cap sekolah dan minta tanda tangan kepala sekolah.

Ketahuilah, bahwa berurusan dengan kepala sekolah itu repot, beliau orang yang sibuk banget jadi harus bikin perjanjian dulu. Disini pun gua harus minta bantuan temen gua, sebut aja Code Name : MR. MR ini temen SMA gua yang baik hati dan tidak sombong (dia bilang mau eksis di cerita ini, jadinya gua bikinin part dia deh hahaha :D ). Tapi asli dia tuh baik banget ! Bantu gua ini itu, segala macam, dan lain-lain. 
Maklum, sekolah gua ini negeri dan gak ada fasilitas surat yang udah berbahasa inggris (Oiya, gua sekolah di SMAN 87 Jakarata !!! Tempatnya di rempoa Jakarta Selatan, gua bangga jadi alumni disini ! Jadi untuk para junior-junior lanjutkan apa yang sudah gua lakukan disana ya :') #yang baik baik aja :D ). Jadi mau gak mau gua harus bikin sendiri, dan minta bantuan temen gua yang baik hati ini (Dia cewek loh, mungkin dari kalian yang cowo ada yang berminat ? hahahaha :D ). 

Gak cuman itu, gua harus bolak-balik rumah sakit juga untuk medical check up dan minta dokternya untuk ngisi form dengan bahasa inggris. Untungnya dokter yang gua dapat ini bisa diajak kerja sama dan dengan senang isi mengisi formnya :D . Setelah semua dokumen terkumpul, maka step selanjutnya adalah foto ! Foto inilah yang akan memakan banyak  uangmu (ketawa jahat b-) ). Tapi tenang ajalah, Sesuatu yang kalian lakukan gak akan sia-sia

SMAN 87

Setelah sibuk mempersiapkan dokumen ini itu, gua sempet berbincang-bincang dengan teman yang ikut test monbukagakusho juga tapi sayangnya dia gak lolos sampai tahap ini. :'( Sebut aja Code Name : CN, CN ini temen SMP yang tiba-tiba muncul di TL twitter lagi ngebicarain monbukagakusho dengan temannya. Nah, dengan gak sopannya gua langsung mention dia nanyain ini (Maaf ya, pasti awkward banget waktu itu ._. ). Dia ini bisa dibilang temen curhat dan pemotivasi gua untuk monbukagakusho :D


Sampai akhirnya, waktu yang ditunggu-tunggu datang . . . .
Karena rumah gua di tangerang selatan, dan tempat wawancara di daerah jakarta pusat (kedutaan jepang) mengharuskan gua untuk berangkat pagi. Jam 6 waktu itu berangkat, karena rencana awalnya mau wawancara di STAN dulu, terus langsung ke kedutaan untuk wawancara monbukagakusho. Sampai di STAN, ternyata wawancara baru dimulai jam 8, sedangkan monbukagakusho ini jam 9 ! Beda 1 jam dan jaraknya begitu jauh. Gak ambil pusing, langsung gua banting setir tancap gas meninggalkan STAN menuju ke destinasi berikutnya, Kedutaan jepang . . .

Sampai disana, gua telat lagi (ini udah sering, dari awal kan udah dibilang -_-). Gak telat banget sih, kesan pertama gua adalah ini mirip penjara. Masuk kita diperiksa metal detector segala macam, mungkin dikira selain wawancara kita juga sedang melaksanakan misi rahasia (Ini imajinasi gua doang, gak perlu diambil pusing :D ). Setelah itu, naik kelantai 2 dan menunggu di hall, kaya semacam ruang tunggu gitu deh. Disini gua dan teman-teman yang lain diberi pengarahan dulu, jadi yang wawancara adalah 5 orang setiap kloter. Karena nama gua diakhir-akhir, jadinya dengan sabar menunggu. 

Nah, menunggu aja gitu sampe BT ?? Sampe harus maki-maki biar cepet di wawancara ?? (Beh, semangat amat -_-) Tidak ! Disini anak-anak yang belum wawancara disuruh mengerjakan soal bahasa inggris dan bahasa jepang. Panik ? BANGET ! Pasti banget panik, bukan gua aja tapi semuanya (kayanya) juga panik karena gak ada pemberitahuan sebelumnya. Mau gak mau gua harus mengerjakan soal-soal itu. Soalnya gimana ? Luar biasa ! (ketawa jahat)
Disini gua juga kenalan sama seseorang dari santa ursula BSD, sebut aja Code Name : AG, AG ini ternyata kuliah di Universitas S*ry* dan temen gua pun ada yang dari sini !! (Tahunya setelah wawancara ini dan tiba-tiba awkward gitu aja -_- Gua paham pasti lu ngerasain gini juga bro :D)

Kedutaan Jepang

Gak selesai disitu, disana kalian harus mengisi berbagai formulir-formulir yang telah disediakan. Itu banyak banget ! Disuruh bikin rangkap 3, dengan tulisan tangan ! Hebat ~
Lanjut, akhirnya waktu wawancara untuk kloter gua tiba. 5 orang yang masuk (3 diantara orang-orang ini akan maju ke tahap berikutnya #spoiler :D ), dari ruang tunggu itu kami ber 5 dibawa melewati banyak ruangan yang harus di akses pake kartu, pencet-pencet tombol dan lain-lain. Kalo kata temen gua "kita udah kaya di game, melewati pintu-pintu. Tiba-tiba udah kemasa depan" hebatnya imajinasi dia hahahaha :D

Lanjut, kita disuruh nunggu lagi setelah sampai. Dari situlah kita masing-masing kenalan, inisial-inisialnya adalah P, S, U, SF dan makhluk tampan nan wibawa (BACA = Admin :D ), tentu kita ber 5 sama-sama gak tenang dan itu gak bisa bohong karena kelihatan banget dari wajah. 
Akhirnya tiba juga panggilan untuk memasuki ruang wawancara.... Disana ada 2 orang, 1 bapak-bapak dan 1 ibu-ibu (masih muda). Wawancara dimulai . . . .

( Note : Oiya, gua udah janji gak boleh bocorin apapun informasi yang didapet dalam ruang wawancara ini. Jadi gak akan gua bahas gimana wawancaranya, yang pasti mereka gak akan nanya macam-macam kok. Kira-kira ini pertanyaannya : 
  1. Perkenalkan diri kalian
  2. Jelaskan mengenai keluarga kalian
  3. Apa alasan kalian ingin kuliah di Jepang
  4. Apakah kalian bisa bahasa Jepang
  5. Apa rencana kalian setelah lulus nanti
  6. Apa rencana  belajar kalian ketika sampai di jepang 
  7. Bagimana pendapat kalian tentang negara jepang.
  8. Apa misi kalian kedepan nanti
  9. Bagaimana cara kalian mewujudkan misi kalian
  10. Apa motivasi kalian mengikuti beasiswa ini
  11. Kalian Muslim? bagaimana menurut kalian tentang makanannya disana
Pertanyaan diatas belum tentu keluar persis ya, tapi intinya begitu. Saran dari gua 1 untuk wawancara, mereka pengen tahu bagaimana pribadi kalian bukan seberapa kepintaran kalian. Jadi, jawab sejujurnya dan apa adanya adalah pilihan paling tepat. ) XD

Selesai itu, kita balik lagi ke hall awal. Karena gua termasuk kloter terakhir, jadinya sekalian penutupan gitu. Disana diberi tahu, kalau pengumuman finalnya akan diumumkan sekitar akhir desember nanti atau paling lambat januari awal. Wawancara itu dimulai sekitar bulan agustus, cukup lama juga bukan ? Tidak masalah, menunggu itu membuahkan hasil.

Waktu itu, selesai jam 3 dari jakarta pusat (kedutaan jepang). Gua gak lupa kalau masih ada wawancara STAN yang seharusnya gua datengin hari ini. Tapi gua mikir, ini udah jam 3 jalan kesana paling nyampe jam 5, pasti udah tutup lah ya.... Selama diperjalanan menuju Blok M (naik transjakarta) itu aja yang terpikirkan. Sampai di Blok M, tiba-tiba badan gua jalan sendiri naik bus jurusan ke arah cipadu. Entahlah, gua juga gak paham kenapa bisa gitu. Turun di cipadu lanjut naik angkot ke arah STAN, sampai disana bener jam 5 tepat ! Gua berjalan menuju gedung tempat wawancara....

Disana udah sepi, bahkan peserta yang wawancara udah gak ada. Disana gua ketemu bapak-bapak yang keliatannya baik sebagai panitia, dia melotot ngeliat gua baru datang sedangkan wawancara ini sudah dibilang selesai. Disana gua bilang "pak saya mau wawancara", dia bilang "kamu baru datang ??!!! Kemana aja kamu ??!! Ini udah jam berapa ??!!! Niat gak sih kamu ?!", dengan muka meyakinkan gua jawab "Justru karena saya niat, saya datang pak". Dia terdiam setelah mendengar kata-kata itu. Terus dia tanya lagi "Kamu dari mana ? Kenapa baru datang sekarang ? Ikut saya sini" Sambil ngikutin dia gua jawab pertanyaan "Saya dari jakarta pusat pak, ngurus beasiswa tadi". 
Kayanya sih dia gak peduli sama jawaban gua, gua malah disuruh isi daftar hadir, nama gua dicoret dari kertas dia gitu (list berita acara). Dia bilang lagi "Nama kamu udah dipanggil berkali-kali, kiranya kamu gak datang jadi sudah masuk berita acara ! Kami gak tau kamu bisa lulus apa engga" WAH ! Ceming lah gua disana, gua cuman bisa jawab dengan nada rendah "iya pak".

Akhirnya gua disuruh masuk untuk wawancara di meja terakhir, meja 20. Karena emang tinggal itu aja yang masih ada pewawancaranya. Meja-meja lain terlihat sudah membereskan arsip-arsipnya, dan terlihat office boy membereskan gedung itu. Wawancara di STAN ini terbilang lancar meski agak gak fokus juga (Jelas aja, sebelum wawancara kena semprotan dulu -_-). Setelah wawancara, gua pulang kerumah menunggu dijemput..... (bersambung)

Tempat Wawancara STAN



Gimana sama cerita kedua ?? Gak kalah seru sama cerita pertama kan ? hahaha :D Masih ada lagi kok ceritanya, ikutin terus ya !

You May Also Like

14 comments

  1. wah butuh niat sama perjuangan banget buat dapetin monbuka, gak salah dah lu dapet, emang ambisi banget sepertinya B-) Omong-omong kawan lu yang dapet monbuka tahun ini ada gak yang cewek?
    eh iya gua bangga lu masukin foto SMA 87 tercinta wkwk

    BalasHapus
  2. ありがと Aulia telah berkomentar,
    hahaha thanks coy b-( Kalo D3 ada 4 orang cewek dari 23 orang yang lolos.
    Iya dong ! Bangga gua jadi alumni sekolah tercinta hahaha Adik-adik kelasnya harus meneruskan dong nih :D

    BalasHapus
  3. dari empat orang itu ada yg muslim? kalo berjilbab? :?
    ya harus banggalah :D
    yaa lu doakan aja ada yang nerusin ka

    BalasHapus
  4. Ada kok, 3 orang berjilbab kalo gak salah deh...
    :D
    Maksud gua, lu yang nerusin :-p

    BalasHapus
  5. oh ada ya:D
    hmm pengen banget gua yang nerusin? haha, nggak lah, gua di Indonesia aja dulu><
    Gua liat perjuangan kaka kelas gua disana dulu deh :f
    berjuang lah berjuang fans gua *eh wkwkwk

    BalasHapus
  6. Ada dong, gak rasis kok :D
    Yeh, secara adek-adek kelas gua harus nerusin dong. Suatu prestasi loh dapet beasiswa ini B-)
    Eh gua udah buka nih pendaftaran, mau daftar gak ? :D

    BalasHapus
  7. ya jelas suatu prestasi lah ka, yang apply beasiswa ini kan banyak, dan lu salah satu yg berhasil :x kereeeen! walaupun perjuangan belum berakhir :D
    mana formnya? hahaha

    BalasHapus
  8. :D
    Yoi, perjuangan baru akan dimulai :-x
    Karena lu adek kelas gua, untuk lu gak usah pake form. Langsung ngelamar aja :-p

    BalasHapus
  9. Pasti bisa lah lu berjuang di negeri sakura sana :D
    Oh emang cara daftarnya gimana kakaaaaa ;;)

    eh tapi tunggu deh, ini kenapa gini sih :-o

    BalasHapus
  10. Aamiin, berusaha ! :f

    :))
    Mana gua tau, lu kan yang fans :D

    BalasHapus
  11. haha iyadeh saling mendoakan aja :-g
    Kan sama sama April juga tuh, gua UN lu kesana :D
    iyaya x( gak jadi deh kalo gitu

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus