Jawaban Biologi

by - Februari 29, 2012

Karena Hari ini tanggal 29 Februari 2012 kita anak XI IPA 1 diberikan tugas oleh guru biologi kita yang tercinta. Nah, sekarang gw pengen ngeshare jawaban yang telah gw jawab. Okay, This is it :

 

1.   a. Otot antar tulang rusuk (muskulus intercostalis eksternal) berkontraksi --> tulang rusuk terangkat (posisi datar) --> Paru-paru mengembang --> tekanan udara dalam paru-paru menjadi lebih kecil dibandingkan tekanan udara luar --> udara luar masuk ke paru-paru

   

     b. Otot antar tulang rusuk relaksasi --> tulang rusuk menurun --> paru-paru menyusut --> tekanan udara dalam paru-paru lebih besar dibandingkan dengan tekanan udara luar --> udara keluar dari paru-paru.

 

 

2.   a. Sekat rongga dada (diafragma) berkontraksi --> posisi dari melengkung menjadi mendatar --> paru-paru mengembang --> tekanan udara dalam paru-paru lebih kecil dibandingkan tekanan udara luar --> udara masuk

   

   b. otot diafragma relaksasi --> posisi dari mendatar kembali melengkung --> paru-paru mengempis --> tekanan udara di paru-paru lebih besas dibandingkan tekanan udara luar --> udara keluar dari paru-paru.



3.   a. Oksigen masuk ke dalam tubuh melalui inspirasi dari rongga hidung sampai alveolus. Oksigen dari Alveolus dibawa ke Kapiler darah dan berdifusi dalam darah. Di dalam sel-sel darah merah, oksigen berikatan dengan Hemoglobin (Hb) membentuk oksihemoglobin (HbO2), Oksihemoglobin akan melepaskan oksigen lebih banyak pada lingkungan asam. Apabila lebih banyak oksigen yang digunakan, lebih banyak pula karbon dioksida yang terbetuk dan diambil oleh darah. Karbon dioksida yang diambil akan bereaksi dengan air membentuk asam karbonat (H2CO2) yang berakibat darah bersifat asam. Karbon dioksida yang dibentuk melalui respirasi sel diangkut menuju paru-paru. Setelah sampai di alveolus, karbon dioksida berdifusi dari kapiler ke alveolus. Dari alveolus, karbon dioksida dikeluarkan melalui saluran pernafasan saat menghembuskan nafas, dan akan keluar melalui hidung.

 

      b. 

 

 

4.  a. Syaraf otonom

     b. Alergi pada saluran nafas

     c. Lingkungan

     d. Posisi Tubuh

     e. Aktivitas

     f. Berat Badan

     g. Usia

     h. Jenis kelamin 

 

 

Sorry nih nomor 3.B. gw gak ngerti. Jadi kalau kalian punya jawaban yang beda, atau kalian udah ngejawab apa yang belum gw jawab, please tinggalin comment di kotak komentar.

 

Let's Share Anything


You May Also Like

2 comments

  1. ser soalnya juga donk!!
    butuh ni..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, nanti akan saya post soalnya. Mohon lain kali cantumkan nama anda. terima kasih

      Hapus