Deteksi Penyakit Melalui Warna Urine

by - Juni 09, 2012

        Halo semua, Kali ini saya akan Share tentang bagaimana kita bisa Mendeteksi Penyakit Melalui Warna dari Urin. Fungsi urin yang paling utama adalah untuk membuang racun atau zat lain yang sebenarnya baik untuk tubuh tetapi mungkin akan berakibat fatal
bagi tubuh. Urin normal biasanya warnanya bervariasi dari kuning jernih sampai kuning pucat, tergantung pada kadar air pada urin. Warna kuning didapat dari pigmen yang disebut urochrome.
Berikut kadar urin yang tidak sehat :







1. Urine berwarna kuning menyolok





    Anda terlalu banyak mengkonsumsi cairan, brhati-hatilah untuk tidak terlalu berlebihan hidrat. Sesuaikan cairan yang Anda minum dengan berat tubuh yang Anda miliki. Jika berat badan Anda 130 pon, sebaiknya Anda minum sebanyak 65 ons air /hari. Bisa jadi Anda mengalami gangguan hati, seperti terserang virus hepatitis atau sirosis. Jika benar Anda terserang penyakit hati, sinyal lain yang ditunjukkan selain urin menguning, kulit Anda juga akan berubah menjadi kuning diiringi gejala mual, muntah demam dan keletihan.



2. Urine  berwarna kuning terang atau seperti lampu neon


    Anda terlalu banyak mengonsumsi Vitamin suplemen, sehingga tubuh secara berlebihan menyerap vitamin yang Anda konsumsi. Bagi Anda yang sering mengkonsumsi suplemen, lebih baik memilih jenisnya dari bahan makanan alami agar mudah diserap tubuh.



3. Urine berwarna kuning gelap atau emas


    Karena itu, dianjurkan perbanyak asupan cairan. Minumlah 8 minimal liter/hari.



4. Urine berwarna merah muda atau merah
    Ada darah di urin dari ginjal. Atau, bisa juga Anda terserang infeksi kandung kemih. Jika infeksi kandung kemih menyerang Anda, gejala lain yang ditimbulkan biasanya nyeri pada perut atau terkadang merasakan demam. Anda sudah makan terlalu banyak makanan berwarna merah muda atau merah seperti bit atau berry atau makanan yang artifisial berwarna atau efek samping dari beberapa obat pencahar.



5. Urine berwarna seperti jeruk

    Efek samping obat yang Anda konsumsi. Tanyakan kepada dokter tentang kondisi ini. Anda makan jeruk terlau banyak atau makanan seperti bit merah dan berry atau makanan yang artifisial berwarna atau dehidrasi.



6. Urine biru atau kehijauan

    Efek samping obat tertentu atau Anda sudah makan terlalu banyak makanan hijau, terutama asparagus atau makanan  yang secara artifisial berwarna biru atau hijau.





7. Urine gelap berwarna coklat atau teh

    Ada  Kelainan hati, terutama bila disertai dengan wajah pucat kuning dan kulit kuning atau ada efek samping dari obat tertentu.




8. Urine berwarna keruh

    Infeksi saluran kemih atau ada batu ginjal. Biasanya ini menyebabkan nyeri. Jika Anda mengalami ini segeralah konsultasikan ke dokter. Bisa juga warna keruh pada urin menandakan Anda terlalu banyak mengkonsumsi asparagus. Bagi para wanita, juga perlu diingat perlu diingat, jangan pernah menunda buang air kecil. Biasanya, seseorang mengeluarkan cairan yang normal setiap 20-40 menit sekali. Kecuali untuk wanita yang sedang hamil, bisanya lebih sering buang air kecil, karena kandung kemih tertekan.


Semoga Bermanfaat






You May Also Like

0 comments